Koperasi 1 Muharram, Tugas 1

Posted: September 28, 2009 in TugaS kuL

KOPERASI 1 MUHARRAM

Peranan koperasi dalam kegiatan ekonomi nasional diharapkan mampu bersaing secara sehat dengan sektor-sektor usaha lainnya.

Koperasi 1 Muharram didirikan sejak 5 tahun yang lalu oleh bapak Djarot Suwardi di wilayah kelurahan Duri Kosambi, kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. Luas bangunannya sekitar 8 x 8 meter. Koperasi ini didirikan atas musyawarah dan kebersamaan warga, sebab koperasi sebagai satu pilar ekonomi Indonesia selain sektor pemerintah dan swasta.

Koperasi 1 Muharram menerapkan koperasi konsumen dan simpan pinjam. Menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok untuk para anggotanya maupun untuk masyarakat sekitar. Koperasi beranggotakan warga Rw.014 kelurahan Duri Kosambi. Anggota sekitar 100 kepala keluarga. Koperasi ini memiliki modal sendiri dan modal pinjaman. Modal sendiri tersebut berasal dari simpanan yaitu simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela.

Simpanan pokok yang jumlahnya sama dan wajib diserahkan kepada koperasi pada waktu masuk menjadi anggota. Simpanan wajib yaitu jumlah nilai uang tertentu yang harus dibayar oleh anggota dalam waktu dan kesempatan tertentu. Sedangkan simpanan sukarela adalah jumlah nilai uang tertentu yang diserahkan oleh anggota / bukan anggota terhadap koperasi atas kehendak sendiri sebagai simpanan.

Pembagian laba berdasarkan SHU atau sisa hasil usaha. Komposisi pembagian SHU bagi anggota bias berbeda-beda ada beberapa kemungkinan yaitu:

  1. Seorang anggota hanya menerima modal jasa.
  2. Seorang anggota selain menerima jasa modal juga menerima jasa penjualan tetapi tidak menerima jasa pembelian.
  3. Seorang anggota selain menerima jasa modal juga menerima jasa pembelian tetapi tidak menerima jasa penjualan.
  4. Seorang anggota selain menerima jasa modal juga menerima jasa penjualan dan jasa pembelian.

Koperasi yang telah dijalankan selama 5 tahun ini banyak pula mengalami permasalahan intern yang dapat menyebabkan kerenggangan antara anggota koperasi. Sebaiknya jika terlihat adanya kekurang harmonisan antara anggota harus diselesaikan dengan cara musyawarah.

Komentar ditutup.