Peran Parpol Dalam Pencalonan Kepala Daerah

Posted: Desember 1, 2010 in TugaS kuL

Pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah, atau seringkali disebut pilkada, adalah pemilihan umum untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung di Indonesia oleh penduduk daerah setempat yang memenuhi syarat. Kepala daerah sudah pasti memiliki satu bahkan lebih partai politik untuk mendukungnya nanti saat pemilihan kepala daerah, hal ini untuk menarik masyarakat agar banyak yang memilihnya sebagai kepala daerah. Peranan partai politik sangatlah besar sekali, selain untuk menarik simpati masyarakat, partai politik digunakan untuk menguatkan pertahanan saat nanti calon kepala daerah tersebut menjabat.

Salah satu pilar demokrasi adalah keberadaan partai politik karena pemilihan umum yang yang menjadi kunci bagi demokrasi tidak akan terselenggara tanpa keberadaan partai politik. Partai politik idealnya berfungsi sebagai penyalur aspirasi politik, medium komunikasi dan sosialisasi politik, serta pengendali kontrol konflik yang terjadi pada masyarakat. Maka partai politik tentulah berperan dalam segalamacam bentuk peyaluran aspirasi masyarakat yang dalam hal ini di khususkan pada pemilihan kepala daerah.

Dalam pemilihan kepala daerah, partai sebagai lembaga yang tidak bisa memberikan pilihan-pilihan politisi yang baik kepada masyarakat. Karena beberapa waktu lalu sempat berembus wacana agar reformasi sistem partai politik (parpol) segera dilakukan. Untuk merebut kepercayaan masyarakat, tidak hanya dituntut keahlian politik, tapi juga dituntut memiliki jiwa amanah terhadap tugas dan jabatannya.

Menurut pengetahuan yang saya miliki, peranan partai politik yang baik tidak hanya pada awalnya saja, misalnya saja saat menjagokan seorang yang akan dipilih nanti pada saat pemilihan kepala daerah harusnya bukan hanya semata untuk pemasukan uang didalam partai politik tersebut tapi partai politik harusnya lebih cakap dan arif dalam memilih dan menentukan siapa orang yang tepat untuk menjabat tersebut. Setelah memalui segala macam proses dan ditentukanlah siapa yang akan dijagokan maka partai politik akan terus menerus mendukung calonnya tersebut.

Berbagai macam peranan partai politik saat awal mereka mulai menghembuskan pikiran-pikiran positif pada masyarakat secara umum agar mendukung pula pilihan yang diajukan partai politik tersebut. Dalam membuat segala macam izin dokumentasi mereka juga berperan secara langsung maupun tidak langsung. Saat diadakan pertemuan besar-besaran dengan masyarakat dalam hal pengenalan secara langsung maka partai politik pun ada di barisan depan pendukung calon kepala daerah tersebut, hingga saat pemilihan kepala daerah mereka melakukan segala macam riset tentang seberapa besar pendukung calon kepala daerah tersebut dalam suatu wilayah dan siapa, dari kalangan apa dengan tujuan apa masyarakat mendukung akan diketahui dengan penelitian secara langsung. Saat pemilihan kepala daerah tiba mereka terus-menerus memantau jalannya pemilihan tersebut agar pemilihan kepala daerah tersebut berjalan lancar sesuai rencana dan pastinya berlangsung demokratis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s