Teknologi Komunikasi Dalam Perubahan Sosial

Posted: Desember 1, 2010 in TugaS kuL

Di zaman era globalisasi seperti sekarang ini kebutuhan akan teknologi sangatlah penting, baik itu teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Semua orang sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.

Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia selalu berjalan dari masa ke masa. Sebagai Negara yang sedang berkembang, selalu mengadopsi berbagai teknologi informasi hingga akhirnya tiba di suatu masa di mana penggunaan internet mulai menjadi gaya hidup sehari-hari. Jika kita tengok ke belakang bagaimana model komunikasi dulu yang hanya komunikasi satu arah seperti radio, televisi, majalah koran dan lain sebagainya. Sedangkan komunikasi dua arah hanya ada telepon yang berbentuk unik dengan pemutar tombol angka, bila dibandingkan dengan zaman sekarang tentu sangat jauh berbeda dari segala model bentuk, teknologi yang ada didalamnya yang sekarang ini kita sebut dengan telepon selular atau telepon genggam.

Perubahan teknologi ini juga memicu perubahan sosial dalam masyarakat, semakin canggih teknologi saat ini semakin mudah pula kita memperolehnya, tidak seperti zaman dulu telepon selular yang dianggap barang lux dan mewah karena hanya digunakan oleh kalangan bisnisman atau orang-orang penting lainnya yang selalu membutuhkan alat komunikasi semacam ini untuk keperluan penting atau juga hanya sebagai trend pada saat itu. Tapi di zaman saat ini pun kita yang hanya orang biasa dapat menikmati segala macam layanan komunikasi yang canggih dengan adanya kemajuan teknologi, tidak untuk orang dewasa penggunaan teknologi komunikasi bahkan anak kecil pun sedini mungkin sudah dapat menggunakan teknologi komunikasi.

Semua kalngan sudah dapat menikmati teknologi komunikasi, mulai dari kalangan bawah, menengah, sampai kalangan atas, segala profesi, segala umur, semuanya tanpa terkecuali. Hal ini memang sangat berpengaruh dalam perubahan sosial yang memberikan dampak positif maupun dampak negatif. Faktor komunikasi inilah yang menyebabkan perubahan sosial di masyarakat, masyarakat yang dulu hanya bisa dapat suatu informasi yang minim sekarang sudah bisa mendapatkan informasi dengan mudah dari berbagai sumber berkat teknologi komunikasi. Hal ini pun secara langsung dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat secara umum, sekarang hanya tinggal bagaimana masyarakat itu sendiri yang akan memilah-milah sumber informasi yang baik yang akan berguna bagi kehidupan bermasyarakatnya maupun kehidupan bernegara.

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) TIK, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TIK para pimpinan di lembaga pemerintahan, pendidikan, perusahan, UKM (Usaha Kecil Menengah) dan LSM. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s